Dikutip dari : Assalam.id 

KA'BAH TEMPAT YANG PALING DISUCIKAN

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat AIMS setiap muslim pasti memiliki keinginan untuk melaksanakan ibadah Haji atau Umrah ketanah suci. Salah satu ritual yang akan kita lakukan dalam rangkaian ibadah Haji atau Umrah  adalah tawaf yaitu mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali putaran dengan membaca doa serta dzikir.

Ka’bah sebagai kiblat ibadah shalat memiliki arti khusus dalam kehidupan spritual umat muslim, ka’bah adalah bangunan berbentuk kubus dengan empat sudut yang di sebut dengan rukun. Ke empat sudut atau rukun ini memiliki nama tersendiri sepert rukun iraqi, rukun hajar aswad, rukun syami dan rukun yamani. Tahukan sahabat rukun-rukun ka’bah ini memiliki beberapa keistimewaan.

Rukun Hajar Aswad penamaan rukun ini tidak terlepas dari melekatnya batu mulia Hajar Aswad yang berasal dari surga. Dari sudut inilah umat Muslim memulai putaran tawaf sebagai patokan awal untuk menghitung berapa kali ka’bah telah dikelilingi.

Foto Suasana Tawaf di Tengah Pandemi Covid-19 | Republika Online 

img source : Republika

 

Rukun Iraqi, nama tersebut diberikan karena rukun Ka’bah yang satu ini menghadap ke Negara Iraq, terkait keutamaan dari rukun ini terdapat suatu riwayat disunnahkan bagi setiap orang yang bertawaf untuk berdoa ketika berada di depan rukun ini dan baik pula jika dapat berdoa sambil mengusap.

Rukun Syami, nama ini diberikan karena posisinya menghadap ke arah negeri Syam. Adapun mengenai keutamaan Rukun Syami, terdapat riwayat yang menjelaskan tentang keutamaan bagi setiap Muslim dan Muslimah yang berdoa ketika posisi tawaf telah berada di depan rukun ini.

Rukun Yamani menghadap ke arah Yaman letaknya persis di barat daya Ka’bah. Rukun Yamani ini memiliki keistimewaan dimana Nabi Muhammad SAW mengusapnya setiap melakukan tawaf, sebagaimana yang diriwayatkan dari Ibnu Umar “Bahwa Rasulullah SAW jika melakukan tawaf mengelilingi Ka’bah maka ia mengusapkan tangannya ke Hajar Aswad dan rukun Yamani dalam setiap tawafnya.” (HR. Hakim).

Semoga nanti nya sahabat AIMS bisa melaksanakan ibadah Haji atau Umrah, adalah suatu anugerah besar jika kita nanti bisa kesana untuk beribadah. Tentunya dengan niat semata-mata karena Allah sehingga segala urusan diberikan kemudahan manakala kita bertakwa dan ikhlas.

 

Source : Assalam.id

Top
Peta Pusat Plumbon
Peta Cabang Dukupuntang
Peta Cabang Rajagaluh
Peta Cabang Arjawinangun
Peta Cabang Kuningan
Peta Cabang Indramayu
Peta Cabang Kramat
Peta Cabang Harjamukti