Dikutip dari : Detik.com 

MAQAM IBRAHIM

 

Maqam Ibrahim, Batu pijakan ketika membangun ka’bah

Jangan salah ya sahabat, Maqam Ibrahim bukanlah tempat di makamkan atau di kebumikan nya nabi Ibrahim, akan tetapi ini merupakan batu pijakan yang di gunakan oleh nabi Ibrahim dan putra nya nabi Ismail saat membangun  tempat suci bagi umat muslim ka’bah. Dikutip dari buku 1001 Fakta Dahsyat Mukjizat Kota Makkah oleh Asima Nur Salsabila (2015) yang menuliskan bahwa Maqam Ibrahim mempunyai beberapa bukti nyata sebagai mukjizat nabi Ibrahim dari Allah SWT yang kekal sampai saat ini.
Para sejarawan  menyebutkan, dalam riwayat nya pada awal mula jejak kaki Nabi Ibrahim ini berada di dalam bangunan Ka'bah, namun pada zaman Nabi Muhammad SAW beliau memindahkannya beberapa meter dan di letakkan  di samping Ka'bah. Pada saat ini letak batu di tempatkan dalam bangunan berbentuk sangkar.

 

Allah Ta’ala menyebutkan maqam Ibrahim dan menjadikan maqam Ibrahim sebagai tempat salat, dalam firman nya

وَإِذْ جَعَلْنَا ٱلْبَيْتَ مَثَابَةً لِّلنَّاسِ وَأَمْنًا وَٱتَّخِذُوا۟ مِن مَّقَامِ إِبْرَٰهِۦمَ مُصَلًّى ۖ وَعَهِدْنَآ إِلَىٰٓ إِبْرَٰهِۦمَ وَإِسْمَٰعِيلَ أَن طَهِّرَا بَيْتِىَ لِلطَّآئِفِينَ وَٱلْعَٰكِفِينَ وَٱلرُّكَّعِ ٱلسُّجُودِ

Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i'tikaf, yang ruku' dan yang sujud". [QS. al-Baqarah: 125]

 Maqam Ibrahim - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

IMG Source : Ensiklopedia Bebas

Setiap jamaah  Umrah dan Haji yang  selesai melakukan thawaf  tujuh putaran mengelilingi ka’bah di sunnahkan untuk melaksanakan shalat sunnah dua rakaaat dan memanjatkan doa di belakang maqam Ibrahim karena Maqam Ibrahim adalah tempat yang mustajab bagi setiap doa yang di panjatkan. Beberapa riwayat menyebutkan bahwa Maqam Ibrahim sempat hilang di curi, tetapi segera kembali ke Baitullah dengan cepat dan menjadi bukti kekuasaan Allah yang menghendaki keberadaan Maqam Ibrahim di Baitullah.

Mudah mudahan Allah memudahkan langkah kita semua sahabat untuk bisa melaksanakan ibadah Umrah dan Haji ke Baitullah, merasakan nikmatnya beribadah dan bermunajat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Aamin Ya Rabbal ‘Alamin.

 

Source : Detik.com

Top
Peta Pusat Plumbon
Peta Cabang Dukupuntang
Peta Cabang Rajagaluh
Peta Cabang Arjawinangun
Peta Cabang Kuningan
Peta Cabang Indramayu
Peta Cabang Kramat
Peta Cabang Harjamukti