Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; YtObject has a deprecated constructor in /home/u928189632/domains/bmtalishlah.com/public_html/templates/sj_directory_free/menusys/ytobject.php on line 13

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; plgContentJComments has a deprecated constructor in /home/u928189632/domains/bmtalishlah.com/public_html/plugins/content/jcomments/jcomments.php on line 25

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; JCommentsACL has a deprecated constructor in /home/u928189632/domains/bmtalishlah.com/public_html/components/com_jcomments/classes/acl.php on line 17

HARTA HALAL, KUNCI KEBAHAGIAAN HIDUP

Oleh: Ust. H. Ilham Bustomi, M.Ag

Semua manusia pasti mendambakan kehidupan yang bahagia dan jauh dari berbagai macam kesulitan, akan tetapi banyak dari kita yang melakukan kesalahan dalam membuat ukuran kebahagiaan itu. Kebahagiaan seringkali diukur dengan banyaknya harta, uang berlimpah, mobil mewah dan rumah megah, sehingga banyak manusia terbelenggu dengan kecintaan terhadap harta sampai-sampai menghabiskan masa hidupnya dan tidak memperdulikan cara untuk mendapatkan harta tersebut. Allah swt menggambarkan sifat manusia seperti itu di antaranya di surat al fajr ayat ke 20 dan surat al Aadiyaat ayat ke 8.

Harta memang menjadi salah satu faktor yang membuat manusia bahagia dalam hidup, tapi juga bisa membuat manusia menderita. Harta yang bisa membuat manusia bahagia hanyalah harta yang memiliki keberkahan, yaitu harta yang halal baik dzatnya maupun cara memperolehnya, dan sebaliknya harta haram akan mengakibatkan penderitaan bagi hidup manusia.

Harta yang haram dapat mengakibatkan hidup manusia tidak terkendali, sebagaimana Allah swt gambarkan pada para pemakan riba yang sikapnya seperti orang yang kesurupan. Dan demikian pula tentunya orang-orang yang cara memperoleh harta dengan cara yang haram, mencuri atau menipu misalnya. Orang-orang ini pasti telah hilang rasa kemanusiaannya, mereka mengorbankan orang lain demi kepentingan pribadinya dan pastinya orang-orang semacam ini hidupnya akan dibenci dan dijauhi oleh masyarakat, sehingga tidak akan mendapatkan hidup bahagia yang hakiki.

Sebaliknya harta yang halal yang diperoleh dengan cara yang halal akan berdampak pada kebaikan dan kebahagiaan hidup. Hidup akan lebih tenang karena harta yang kita peroleh tidak merugikan orang lain dan orang-orang di sekitar akan senang bergaul dengan kita karena mereka juga merasa mendapatkan keuntungan ketika bermuamalah dengan kita.

Harta yang halal juga akan mendatangkan keridloan Allah swt, ibadah akan diterima, doa pun akan didengar dan mudah untuk dijawab. Harta yang halal akan membantu melembutkan hati yang keras, dan mendorong untuk beramal salih kepada sesama.

Dan itulah hakikat kebahagian hidup, bukan sekedar banyaknya harta, tapi dicintai sesama manusia dan diridlai Sang Pencipta, Allah swt.

  • 2845

Add comment


Security code
Refresh

Top
Peta Pusat Plumbon
Peta Cabang Dukupuntang
Peta Cabang Rajagaluh
Peta Cabang Arjawinangun
Peta Cabang Kuningan
Peta Cabang Indramayu
Peta Cabang Kramat
Peta Cabang Harjamukti